Ini adalah blog yang membahas berbagai macam hal seputar poster, slogan, motto, kutipan, brosur, iklan dan lainnya.

Memahami Tujuan Pembuatan Poster

Tujuan poster secara umum adalah untuk memberika informasi kepada orang-orang yang membacanya mengenai suatu informasi yang dikemas dengan tulisa-tulisan yang singkat jelas dan padat. Pada umumnya poster dibuat semenarik mungkin dengan kombinasi antara gambar dan kata-kata yang dipasang ditempat-tempat umum yang terbilang strategis. Akan tetapi sebenarnya tujuan pembuatan poster ini ada banyak sekali, dan inilah beberapa point dari tujuan poster secara khusus:

 Source : https://www.flickr.com/photos/rudy2k/10514995693/

  1. Memberikan semangat kepada para pembaca agar terus berjuang, umumnya ini adalah poster berjenis propaganda yang banyak beredar pada saat zaman-zaman kemerdekaan Republik Indonesia. 
  2. Mencari simpati dari masyarakat umum, salah satu dari tujuan poster yang sering kita lihat ketika hari-hari menjelaang Pemilu atau Pilkada. Poster seperti ini biasanya disebut dengan poster kampanye.
  3. Memberikan informasi mengenai orang hilang atau orang yang dibutuhkan untuk dipekerjakan. Ini adalah poster "wanted" atau "dicari" yang seringkali terlihat dipinggir jalan atau pohon-pohon.
  4. Menarik perhatian publik, poster ini disebut juga dengan poster "cheesecake". Secara umum kita bisa melihat ada orang terkenal didalam poster tersebut seperti selebriti, artis, musisi, penyanyi, dll.
  5. Mempromosikan suatu film agar diketahui masyarakat banyak adalah tujuan dari poster film. Poster ini bisa kita lihat didalam suatu bioskop atau tempat-tempat umum yang sifatnya terbuka.
  6. Mempopulerkan buku komik kepada khalayak ramai, poster ini biasanya disebut sebagai poster komik. Poster ini bergambar karakter komik dan biasa dijumpai disekitaran toko-toko buku.
  7. Memotivasi para pembaca agar menciptakan kehidupan yang lebih baik, ini merupakan tujuan yang ingin disampaikan pada poster affirmasi. Poster ini umunya terlihat pada bidang bisnis, kepemimpinan,dll
  8. Mempromosikan kegiatan riset kepada masyarakat umum khususnya para peneliti lain agar turut serta mengapresiasikan acara tersebut. Poster ini umumnya dibuat oleh lembaga pendidikan, riset, dll.
  9. Memotivasi siswa agar senantiasa giat dalam belajar, ini adalah tujuan dibuatnya poster kelas. Poster kelas ini tidak selalu ada diruangan kelas sekolah, tetapi juga diruang bimbel dan lembaga pendidikan lain.
  10. Mempromosikan barang dan jasa suatu perusahaan kepada konsumen, ini adalah sifat dari poster komersil atau poster niagar yang banyak kita lihat ditempat-tempat umum yang strategis.

0 comments: